Tips Sukses dalam Membangun Usaha Mikro

Bisnis kecil atau usaha mikro dewasa ini semakin berkembang. Memang Anda mungkin tidak membutuhkan modal awal yang besar seperti layaknya membangun bisnis berukuran besar. Namun, tetap saja Anda harus mempunyai perencanaan yang matang agar bisnis Anda sukses dan tidak kandas di tengah jalan.

Maka pertanyaan besarnya adalah apakah Anda mengalami kesulitan dalam menentukan langkah awal dan tujuan bisnis Anda? Jika Anda ingin usaha mikro Anda mencetak keuntungan, berikut beberapa saran untuk mewujudkannya. Dan ingatlah membangun bisnis yang sukses dilakukan secara “maraton”, bukan “sprint”!

Maksimalkan Pelayanan dari Customer Service
Menurut survei yang dilakukan oleh American Express, 78% konsumen membatalkan transaksi mereka karena pelayanan dari Customer Service yang buruk. Penelitian lain menunjukkan bahwa dibutuhkan beberapa User Experience dari pelanggan yang positif.

Mengingat bahwa pelanggan setia atau reguler jauh lebih mendatangkan keuntungan dari berbagai aspek, jadikan pelayanan Customer Service yang baik sebagai prioritas. Pantau selalu aktivitas Customer Service Anda dan buat perubahan yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis kecil Anda memberikan pelayanan yang lebih unggul daripada pesaing Anda. Apakah itu berupa investasi berbentuk pelatihan staf, atau peningkatan pelayanan dasar seperti menanggapi respon atau pesanan dari pelanggan dengan segera via email atau social media yang Anda gunakan.

Bangun Teknik Promosi Lewat Word of Mouth
Apakah Anda menjalankan usaha mikro Anda di sekitaran komunitas kecil atau di pusat kota besar? Teknik Word of Mouth atau obrolan mengenai bisnis Anda dari mulut ke mulut sangat penting untuk meningkatkan pelanggan bagi usaha Anda. Sebagian besar konsumen akan beralih ke internet untuk mencari ulasan bisnis Anda sebelum memutuskan berbelanja di tempat Anda. Jadi, membangun reputasi yang baik sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda.

Bagaimana Anda mendapatkan feedback positif dari Word of Mouth? Tentunya dengan memberikan layanan yang baik, profesional, membangun, dan memantau reputasi secara offline maupun online, serta mendapatkan publisitas dengan memberikan feedback kepada lingkaran komunitas Anda dengan mendukung atau mensponsori.

Kembangkan Selalu Teknik Pemasaran Anda
Pemasaran yang efektif adalah kunci untuk meningkatkan penjualan bisnis, tetapi sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang besar untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada banyak cara untuk memasarkan produk dan layanan Anda dengan biaya murah seperti

  1. Membuat dan menggunakan paket promosi.
  2. Mengirimkan promosi lewat faktur yang Anda berikan kepada pelanggan.
  3. Bergabung dengan organisasi atau komunitas bisnis.
  4. Melibatkan media seperti majalah atau surat kabar di pembukaan bisnis Anda.
  5. Memberikan workshop atau kelas gratis yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

Bangun Eksistensi Melalui Digital Media
Membuat situs web dapat memudahkan Anda bertransaksi maupun mengenalkan produk-produk Anda kepada calon pelanggan. Survei oleh Ipsos MediaCT & Accenture menunjukkan bahwa lebih dari 70% konsumen melakukan riset pembelian online sebelum membeli di toko offline (The Globe and Mail). Situs web sederhana yang menggambarkan jenis, kegiatan, dan cara menghubungi bisnis sudah cukup untuk usaha mikro Anda. Minimal, situs web Anda harus berisi:

  1. Logo dan nama perusahaan atau bisnis.
  2. Ringkasan mengenai bisnis, mulai dari jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan.
  3. Informasi Kontak, mulai dari nomor telepon, alamat email, akun social media, dan sebagainya.
  4. Alamat kantor, Anda juga bisa menyimpan alamat Anda melalui Google Maps, sehingga pelanggan dapat menemukan alamat kantor dengan mudah.
  5. Slogan bisnis Anda.
  6. Testimoni dan review produk dari pelanggan.

Untuk alternatif lain, Anda bisa membuat akun di berbagai social media kontemporer atau web jual-beli online. Ini juga tidak kalah efektif dan lebih memangkas biaya jika Anda belum ingin membuat situs web bisnis Anda sendiri.

Efisiensikan Pengeluaran Usaha
Biaya untuk keperluan bisnis mulai dari ruang kantor, listrik, hingga biaya transportasi bisa saja sewaktu-waktu meningkat. Jadi, menjaga pengeluaran tetap merupakan tugas penting bagi pemilik usaha mikro. Melacak pengeluaran bisa saja menghabiskan waktu dan menguras tenaga. Jadi secepat mungkin gunakan teknologi untuk membuat pekerjaan tersebut menjadi ringan. Misalnya, menggunakan software akuntansi berbasis online untuk melacak dan mencatat biaya dan menambahkan informasi biaya yang keluar ke dalam sistem akuntansi Anda kapan dan di mana saja.

Temukan dan Pertahankan Karyawan Terbaik
Menarik dan mempertahankan karyawan yang tepat adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan bagi usaha mikro Anda. Sebagian besar bisnis yang sukses mempekerjakan staf berkualitas dan mempertahankan mereka secara jangka panjang.

Buat dan Perbarui Selalu Rencana Bisnis Anda
Anda pastinya membuat rencana bisnis (Business Plan) sebelum memulai bisnis. Rencana bisnis sangat penting untuk bisnis startup karena satu dan lain hal, termasuk menguji kelayakan ide bisnis Anda dan mengamankan utang atau pembiayaan ekuitas. Jika Anda mungkin belum membuat rencana bisnis, maka tidak ada kata terlambat. Bentuk usaha yang sukses termasuk usaha mikro akan selalu berusaha untuk terus memperbarui rencana bisnis mereka setiap tahunnya demi meninjau segala pencapaian atau kerugian yang dialami dan mengevaluasinya secara berkala. Dengan pembuatan rencana bisnis yang tepat, bisa dipastikan usaha mikro Anda berada di jalur yang tepat pula.

Kesuksesan bukanlah pemberian. Anda harus bisa meraih kesuksesan tersebut melalui kerja keras dan usaha yang konsisten. Jika poin-poin di atas bisa Anda pahami dan termanifestasikan, meraih kesuksesan hanyalah masalah konsistensi dan kerja keras Anda. Dan jangan lupa, untuk mengevaluasi tiap langkah operasional dan transaksi-transaksi usaha mikro, Anda membutuhkan laporan keuangan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online yang memiliki fitur-fitur akuntansi lengkap, salah satunya Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa menjaga segala biaya pengeluaran tetap teracak, menyimpan bukti pembayaran, dan masih banyak fitur lain yang bisa mengefisiensikan pengeluaran usaha mikro Anda. Accurate Online juga membantu Anda melihat kondisi keuangan secara realtime, sehingga mempermudah Anda dalam mengambil keputusan bisnis ataupun saat ingin membuat inovasi bisnis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, silakan klik di sini.