Setting Jaringan Komputer / Workgroup

Dua Buah Komputer atau lebih yang Terhubung satu sama lain baik dengan menggunakan Kabel LAN(Wired) Atau Wi-Fi(Wireless) Akan bisa saling berkomunikasi Jika komputer-komputer tersebut memiliki nama Workgroup yang sama. Nama Workgroup ini biasanya ditentukan Pada saat Instalasi Operating System kedalam Komputer PC/Laptop tersebut. Dalam pembahasan kali ini saya hanya akan membahas Masalah Workgroup di OS Windows XP dan Windows 7 saja. Penamaan Workgroup sebenarnya sangat mudah dan Penamaan ini bebas sesuai keinginan kita. Nama Workgroup bisa saja kita isi dengan nama Perusahaan,  atau yang lain. Intinya hanya komputer-komputer yang memiliki Nama Workgroup yang sama yang akan bisa berkomunikasi dalam sebuah jaringan LAN dan bisa berbagi data/File Sharing. Bagaimanakah cara Melihat atau mengubah nama Workgroup di komputer? Caranya adalah sebagai berikut:

Untuk Windows XP

Klik Start  lalu Klik Kanan pada My Computer lalu Pilih Properties seperti gambar berikut:

Maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Klik pada Komputer Name, Maka kita akan melihat nama Workgroup dari komputer kita.

Untuk Mengubah Nama Work Group klik Change seperti Gambar di atas.

Untuk mengubah nama Workgroup tinggal isikan saja Nama Workgroup yang kita inginkan lalu klik OK. Setelah itu Klik Apply dan OK.

Setelah mengubah Nama Workgroup maka kita harus melakukan Restart Komputer.

Untuk Windows 7

Klik Start  lalu Klik Kanan pada Computer lalu Pilih Properties

Klik Advance Setting maka akan melihat Computer Name, Nama Workgroup. Untuk mengubah nama Workgroup Tinggal Klik Change dan Ikuti langkahnya hampir sama Seperti langkah pada Windows XP di atas

 

Saya melayani penjualan software akuntansi accurate di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Palu, Makassar, Balikpapan, Kalimantan, Sulawesi,Banjarmasin, Papua hingga Timor Leste.

Jika Anda membutuhkan Software ACCURATE , training atau implementasi Software Accurate silahkan menghubungi saya:
Ibu Nova Sabena
HP/WA : 0812-88013642

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *