5 Kuliner Khas Medan yang Bisa Jadi Ide Bisnis Makanan

Tidak mengherankan bahwa industri makanan dan bisnis kuliner adalah bisnis yang menarik bagi para pengusaha bisnis atau wirausahawan. Lagipula, makanan merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat di dunia ini. Tetapi, beredar isu bahwa jenis bisnis ini telah menerima reputasi buruk dalam beberapa tahun terakhir. Itu adalah “mitos” umum bahwa membuka restoran dan berkecimpung di dunia kuliner sangat berisiko bahkan untuk pengusaha startup.

Namun, seiring dengan fakta bahwa “mitos” ini telah terbantahkan, ada banyak peluang bagi wirausahawan yang berpikiran maju dan berpikiran kuat untuk berkecimpung di dunia bisnis kuliner. Apalagi di Indonesia terdapat berbagai macam jenis makanan dari berbagai jenis suku dan budaya yang berbeda-beda dan bisa dijadikan peluang untuk membuka bisnis kuliner Anda.

Salah satunya adalah kuliner dari kota Medan. Medan adalah ibukota dari Sumatera Utara yang juga memiliki berbagai jenis makanan yang unik. Namun sebelum menjelaskan kuliner apa saja yang menarik dari kota Medan, Anda perlu mengetahui alasan membuka bisnis kuliner untuk menginspirasi Anda.

Lima Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Masih Menjadi Peluang Menarik

Berikut lima alasan kenapa bisnis kuliner masih menjadi peluang usaha yang menarik:
1. Kesehatan adalah Fokus Utama dari Bisnis Kuliner
Faktanya, dua dari tiga orang dewasa di Amerika dianggap memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini tentu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih hidup sehat dan menjaga kandungan gizi dari setiap makanan dan minuman yang mereka beli. Dan bahkan, hal tersebut akan menjadi kebutuhan hidup kedepannya. Maka dari itu, bisnis kuliner startup bisa membangun inovasi di bidang kesehatan – selain di bidang kuliner – dan mengambil hati masyarakat dengan menyajikan kuliner lezat dan bergizi.

Bahkan terdapat suatu perusahaan makanan yang memberikan layanan berupa bantuan membuat rencana diet dan kemudian mengirim mereka makanan yang sudah jadi berdasarkan pesanan dan kebutuhan mereka. Bisa dibilang, ini adalah cara inovatif untuk menyediakan makanan sehat dan meningkatkan gaya hidup pelanggan.

2. Sinergi dengan Jasa Ojek Online
Seperti yang Anda ketahui, jasa ojek online sekarang ini semakin marak dan menjamur. Ditambah fitur pengantar makanan dari pihak ojek online yang berafiliasi dengan gerai-gerai restoran dan toko kuliner lainnya, hal ini semakin membuat bisnis kuliner semakin menjanjikan. Anda cukup membuatkan menu makanan yang dipesan oleh pelanggan melalui jasa ojek online tanpa perlu lagi merekrut pegawai untuk mengantar menu kuliner Anda. Jelas hal ini akan lebih menghemat biaya dan meningkatkan penjualan toko atau restoran makanan Anda. Diikuti dengan sentuhan foto makanan dari toko Anda yang nantinya terpampang di aplikasi ojek online, ini akan semakin menarik minat para konsumen untuk memesan makanan atau minuman kapan pun dan di mana pun.

3. Pelanggan Tidak Perlu Datang Langsung & Mengantre ke Toko
Poin ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Sebenarnya, kita semua menginginkan kepuasan instan termasuk dalam memenuhi kebutuhan pangan. Tidak dipungkiri, karyawan atau pegawai perusahaan sudah cukup disibukkan dengan pekerjaan mereka. Maka wajar ketika mereka mengharapkan atau bahkan membutuhkan sesuatu yang bisa mempermudah mereka mendapatkan makanan dan minuman yang mereka inginkan di selwa waktu kerja mereka. Permasalahan tersebut terjaewab dengan hadirnya jasa ojek online dan bisnis kuliner dengan menu makanan yang semakin berkembang.

Dengan hadirnya sistem baru tersebut, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot datang dan mengantre untuk menunggu makanan mereka sampai di tangan mereka. Ini merupakan win-win solution di mana pelanggan dan penjual makanan masing-masing mendapatkan kepuasan dan kebutuhannya. Maka dari itu, Anda tidak perlu lagu untuk mulai terjun ke dunia bisnis kuliner di era sekarang ini!

4. Generasi Millennial: Membeli di Luar > Memasak Sendiri
Fakta ini juga hal yang tidak bisa dipungkiri kira-kira sejak dari tahun 2015 hingga sekarang. Generasi millennial cenderung lebih suka untuk mengeluarkan sebagian besar uangnya untuk membeli di luar alih-alih membeli bahan makanan di supermarket untuk dimasak sendiri. Ini menciptakan dua peluang tersendiri bagi Anda pengusaha bisnis kuliner. Yang pertama, dengan fakta tersebut tentu Anda terbantu sekalipun Anda menyediakan menu makanan take away. Sedangkan yang kedua, ini bisa menjadi peluang baru bagi retoran atau toko Anda membuka kursus memasak dengan pengemasan paket yang ramah bagi pelanggan millennial. Selain mengedukasi, pilihan kedua juga akan menciptakan gaya hidup memasak sendiri dan menciptakan keuntungan sendiri bagi bisnis Anda.

5. Menjadi Peluang untuk Membantu Mereka yang Mebutuhkan
Sebagian besar bisnis kuliner saat ini masih lupa untuk mengontribusikan bisnisnya untuk tujuan sosial. Ditambah tidak semua generasi millenial merasa mampu membuat dampak positif yang signifikan dan percaya bahwa bisnis harus berkontribusi pada tujuan sosial. Industri makanan dan restoran startup bisa memanfaatkan hal ini. Salah satu contohnya, Anda bisa bekerja sama dengan startup sociopreneur yang bekerja untuk membawa kelebihan makanan bagi mereka yang membutuhkan. Lagi dan lagi, ini adalah peluang inovatif yang tidak hanya mendatangkan popularitas bisnis kuliner Anda, namun membantu mereka yang membutuhkan.

5 Referensi Jenis Produk Kuliner Khas Medan yang Patut Dicoba untuk Bisnis Kuliner

Berikut adalah lima jenis kuliner khas kota Medan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak membuka bisnis kuliner di Indonesia maupun luar negri:
1. Lontong Medan
Makanan yang terdiri dari lontong, sayur santan, dan sambal hijau/merah dengan tambahan berupa teri, tauco, dan bumbu kacang. Jenis makanan bekuah dan gurih ini masih digemari oleh banyak orang dan bisa menjadi menu sarapan atau makan siang yang mengugah selera!

2. Soto Medan
Satu lagi makanan berkuah yang tidak kalah menarik dari Lontong Medan. Rata-rata sebagain besar orang Indonesia sangat menyukai makanan berjenis soto. Dan Soto Medan ini tidak kalah lezatnya dengan jenis soto dari daerah lain. Soto Medan memiliki ciri khas kuah berwarna agak kuning-kehijauan yang memberikan rasa gurih yang berbeda dari jenis soto lainnya.

3. Kolak Durian
Kota Medan juga terkenal dengan buah duriannya sampai-sampai dijuluki Kota Durian. Bagi para pelanggan yang menggilai durian, tentu jenis kuliner ini rasanya tidak bisa ditolak oleh mereka. Kolak Durian merupakan makanan unik khas Medan yang disajikan dengan ketan putih yang sudah dikukus, pisang kepok, dan jagung manis rebus. Untuk kuah kolaknya dibuat dari campuran santan kelapa dan gula aren atau gula merah. Anda bisa menyajikannya secara dingin maupun hangat.

4. Mie Gomak
Makanan ini biasa disebut sebagai Spaghetti khas Tanah Batak. Mie Gomak memiliki bentuk yang cukup besar dengan tekstur kenyal dan lebih panjang daripada pasta biasa. Anda juga bisa menambah variasi dari Mie Gomak ini dengan menambahkan kuah lontong atau bumbu kacang untuk menambah kekuatan rasa dan kenikmatannya!

5. Rujak Kolam
Dinamakan Rujak Kolam karena dari dulu banyak penjual jenis Rujak ini di dekat Kolam Deli di Kota Medan. Yang membuat Rujak Kolam berbeda dari rujak lainnya adalah bumbu kacang dengan tekstur kasar yang memberikan rasa unik dan khas. Bayangkan kesegaran dari bumbu kacang dan sayur-sayuran yang bisa memanjakan lidah Anda!

Jenis-jenis kuliner khas kota Medan dan alasan mengapa bisnis kuliner masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan sekarang ini diharapkan bisa menginspirasi Anda dalam membangun suatu bisnis. Perbanyak referensi terkait bagaimana membangun usaha kuliner agar Anda semakin siap untuk menghadapi berbagai kendala bisnis yang akan datang. Ditambah dalam dunia bisnis Anda juga perlu memperdalam referensi bagaimana cara mengelola keuangan dan mencatat transaksi bisnis hingga menjadi Laporan Keuangan.

Anda bisa mencoba menyewa Software Akuntansi untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda. Salah satu yang bisa menjadi opsi terbaik adalah Accurate Online, Software Akuntansi yang memiliki fitur akuntansi lengkap dan kemudahan-kemudahan lainnya. Jika Anda menjalankan bisnis kuliner, Anda tentunya membutuhkan data terkait Harga Pokok Penjualan dari gabungan persediaan bahan baku yang Anda beli sampai menjadi satu konversi produk yang akan dijual. Di Accurate Online, semua bisa dilakukan secara mudah dan detail.